Merdeka Belajar

Konsep pendidikan menurut Kihajar dewantara : pendidikan harus berjalan sesuai dengan kondisi masyarakatnya, sesuai dengan perkembangan zaman dan disesuaikan untuk menyiapkan siswa dalam kehidupannya di masa yang akan datang.

Pendidik itu menuntun tumbuhnya kekuatan kofrat yang ada pada anak. Guru itu perlu adaptif terhadap perubahan seperti sekarang ini.

Manusia merdeka adalah : Manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan diri sendiri baik lahir maupun batin (Ki Hajar Dewantara)

Merdeka Belajar  : adalah sebuah konsep atau gagasan yang memberi kebebasan kepada guru dan siswa untuk menentukan sistem pembelajaran.

Tujuan dari Konsep Merdeka Belajar : Adalah menciptakan pendidikan yang menyenangkan bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran.

Sejalan dengan pemikiran tersebut, pemerintah menindaklanjutinya dengan mengeluarkan kebijakan Merdeka Belajar, salah satunya menggulirkan Kurikulum Merdeka. Ini sejalan dengan tujuan pendidikan yang menitikberatkan kepada keaktifan murid dalam mengembangkan minat, bakat, kebutuhan, dan kemampuan mereka.

Strategi guru menerapkan merdeka belajar antara lain:

(1) Guru hendaknya memahami kondisi dan latar belakang peserta didik baik kemampuan, bakat, maupun minatnya

(1) Guru hendaknya memahami kapasitas kompetensi yang dimiliki sebagai guru. Artinya guru harus bisa merefleksi diri kelebihan-kelebihan yang dimiliki dengan segala kekurangannya, dan menutup kekurangannya dengan belajar.

(2) Guru hendaknya memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengekspresikan segala bakat, minat, dan kemampuan yang dimiliki peserta didik.

(3) Guru hendaknya bisa menciptakan suasana proses pembelajaran yang membuat peserta didik menjadi menyenangkan dan bahagia

(4)  Guru harus bisa mencoba berbagai alternatif metode dan model pembelajaran yang berpusat pada siswa